Manfaatkan Virtual PC dan Virtual Server

Leave a Comment

Manfaatkan Virtual PC dan Virtual Server

Apabila Anda memiliki komputer yang memadai di rumah, untuk mempelajari software atau sistem operasi baru gunakan Virtual PC atau Virtual Server. Microsoft Virtual Server dan Virtual PC 2007 bisa digunakan untuk latihan Anda mencoba, mensetup atau menginstalasi dan mengeplorasi apliaksi atau sistem operasi baru tanpa merusak sistem yang sebelumnya sudah ada.


Untuk menginstalasi Microsoft Virtual PC atau Vrtual Server tidak sulit. Anda tinggal setup dan ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program. Setelah selesai dan Anda ingin memanfaatkan Microsoft Virtual PC atau Virtual Server tersebut untuk latihan, misalnya latihan Windows Server 2008, caranya masukkan master DVD Microsoft Windows Server 2008 beta 3 ke drive DVD Anda, lalu jalankan Microsoft Virtual PC atau Server yang sudah Anda instalasi. Kemudian lakukan instalasi sistem operasi tersebut melalui Vrtual PC. Perlu diketahui dengan Vrtula PC atau Server ini konfigurasi di PC atau Server Anda tidak akan terganggu.

Dengan Virtual PC atau Virtual Server Anda bisa membuat seolah PC atau Server baru di rumah Anda. Namun demikian tentu saja PC atau Server yang akan digunakan harus memiliki kemampuan yang cukup baik. Sebagai contoh, Anda akan mencoba Virtual PC untuk memanfaatkan Windows Vista, maka otomatis komputer Anda minimal sudah mampu menjalankan Windows Vista. Begitu juga untuk mencoba Windows Server 2008, maka pastikan komputer Server Anda juga memenuhi syarat untuk menjalankan Windows Server 2008.

Microsoft Virtual Server dan Virtual PC 2007 paa dasarnya relatif tidak jauh berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya. Karena memang sangat jarang yang memanfaatkan Virtual PC untuk bekerja, kecuali untuk pelatihan atau mencoba-coba produk baru sebelum dipasang atau diinstalasi di PC secara permanen.

Untuk itu, bagi teman-teman yang ingin mengeksplorasi sistem operasi baru, misalnya Microsoft Windows Server 2008 sebaiknya menggunakan Microsoft Virtual Server. Microsoft Virtual Server ini diinstalasi di server yang sudah ada, dengan tidak merusak kemampuan dan setup yang ada sebelumnya.

Apabila Anda memasang Microsoft Virtual Server atau Virtual PC dengan pilihan Full Screen, maka dapat dipastikan bagi siapapun untuk membedakannya, apakah virtual atau yang biasa. Untuk itu manfaatkan Microsoft Virtual PC atau Virtual Server untuk latihan Anda.


Artikel yang berhubungan

0 komentar »

Leave your response!